Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal

Hidup adalah pilihan, dan menjadi “Dosen” adalah sebuah pilihan hidup yang tidak saja membanggakan tetapi juga harus dimaknai sebagai sebuah tujuan yang mulia. Karena tujuan pilihan hidup menjadi seorang dosen adalah keinginan untuk mencerdaskan anak-anak didik kita bersama. Dalam rangka mencapai tujuan mulia itulah mereka seharusnya menghasilkan karya-karya ilmiah yang merupakan wujud eksistensi dan darma bakti mereka. Namun ironinya, sumbangan ilmuwan Indonesia untuk ikut menambah khasanah pengetahuan, ilmu, teknologi dan seni dunia pada kancah internasional umumnya masih sangat sedikit, yang ditandai kurangnya publikasi ilmiah ilmuwan Indonesia pada jurnal maupun media internasional. Salah satu penyebab kurangnya publikasi ilmiah tersebut karena kebiasaan selama ini yang terjadi bahwa karya-karya akademik seperti skripsi sarjana, thesis magister dan disertasi doktor dan ditambah lagi ribuan naskah laporan penelitian yang dihasilkan oleh ratusan lembaga litbang maupun pendidikan kurang dipublikasikan dan lebih banyak ditumpuk sebagai arsip di ruang-ruang perpustakaan.

Tanggal 16 sampai dengan 18 Juli kemaren, Dikti bekerjasama dengan LPPM UPN menginisiasi untuk menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah nasional yang merupakan program tahunan dikti. Hampir dari semua kegiatan tersebut memberikan wawasan keilmuan baru kepada peserta yang mengubah cara pandang peserta terkait publikasi artikel ilmiah Indonesia di kancah internasional. Berikut adalah materi-materi pelatihan yang dibserikan selama pelatihan:

         Kebijakan DIKTI

         Strategi pilihan berkala pelatihan artikel

         Kode etik penulisan dan hakikat pendekatan ilmiah baru

         Judul, abstrak

         Pendahuluan, Pendekatan dan metodologi

         Hasil, pembahasan, simpulan

         Teknik ilustrasi pada artikel ilmiah

         Pengacuan, catatan kaki, catatan akhir, glosarium

         Bahasa artikel ilmiah

         Swasunting artikel ilmiah

         EYD

Semoga tulisan-tulisan di atas bermanfaat bagi pembaca. Marilah bersama menumbuhkan semangat dan memulai untuk mengatasi keterpurukan bangsa dengan menulis dan mempublikasikannya.